The effectiveness of using Personal Vocabulary Notes To improve students’ Reading Comprehension of Eleven Grade at SMA Negeri 13 Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6419Abstract
Membaca pemahaman hanyalah sebuah frase untuk kemampuan membaca di mana fokusnya adalah pada pemahaman daripada mengucapkan atau memuat kata-kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah pemahaman membaca siswa dapat ditingkatkan atau tidak setelah diajarkan strategi Personal Vocabulary Notes (PVN). Desain penelitian untuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari sumber kualitatif dan kuantitatif. Lembar observasi, dokumentasi, dan lembar angket digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Data kuantitatif berasal dari tes pemahaman bacaan pre-test, siklus I, dan siklus II. Jumlah nilai siswa pada setiap tes adalah sebagai berikut: pada pre-test 1739, pada post-test siklus I 2.205, dan pada post-test siklus II 2.510. Berdasarkan nilai siswa pada setiap tes, penulis menemukan bahwa nilai rata-rata siswa pada setiap siklus meningkat dari 57,9%, 73,5%, menjadi 83,6%. Setelah menggunakan strategi Personal Vocabulary Notes (PVN) dalam mengajar pemahaman bacaan, penulis menemukan bahwa nilai rata-rata siswa pada post-test II berada di atas KKM. Artinya penerapan strategi Personal Vocabulary Notes (PVN) dapat meningkatkan skor pemahaman membaca siswa.Downloads
Published
2022-08-29
How to Cite
Zalukhu, . . A. ., Hutasoit, D. H., & Napitupulu, F. D. . (2022). The effectiveness of using Personal Vocabulary Notes To improve students’ Reading Comprehension of Eleven Grade at SMA Negeri 13 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5949–5955. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6419
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Atalisi Zalukhu, Deska H Hutasoit, Fenty Debora Napitupulu
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).