The effectiveness of using Personal Vocabulary Notes To improve students’ Reading Comprehension of Eleven Grade at SMA Negeri 13 Medan

Authors

  • Atalisi Zalukhu Nommensen HKBP University Medan
  • Deska H Hutasoit Nommensen HKBP University Medan
  • Fenty Debora Napitupulu Nommensen HKBP University Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6419

Abstract

Membaca pemahaman hanyalah sebuah frase untuk kemampuan membaca di mana fokusnya adalah pada pemahaman daripada mengucapkan atau memuat kata-kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah pemahaman membaca siswa dapat ditingkatkan atau tidak setelah diajarkan strategi Personal Vocabulary Notes (PVN). Desain penelitian untuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari sumber kualitatif dan kuantitatif. Lembar observasi, dokumentasi, dan lembar angket digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Data kuantitatif berasal dari tes pemahaman bacaan pre-test, siklus I, dan siklus II. Jumlah nilai siswa pada setiap tes adalah sebagai berikut: pada pre-test 1739, pada post-test siklus I 2.205, dan pada post-test siklus II 2.510. Berdasarkan nilai siswa pada setiap tes, penulis menemukan bahwa nilai rata-rata siswa pada setiap siklus meningkat dari 57,9%, 73,5%, menjadi 83,6%. Setelah menggunakan strategi Personal Vocabulary Notes (PVN) dalam mengajar pemahaman bacaan, penulis menemukan bahwa nilai rata-rata siswa pada post-test II berada di atas KKM. Artinya penerapan strategi Personal Vocabulary Notes (PVN) dapat meningkatkan skor pemahaman membaca siswa.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Zalukhu, . . A. ., Hutasoit, D. H., & Napitupulu, F. D. . (2022). The effectiveness of using Personal Vocabulary Notes To improve students’ Reading Comprehension of Eleven Grade at SMA Negeri 13 Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5949–5955. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6419