Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri

Authors

  • Syafruddin Syafruddin Universitas Terbuka
  • Suyuti Suyuti Universitas Negeri Jakarta
  • Nur Fateah Universitas Negeri Semarang
  • Hesti Mustika Ati STIKP Arrahmaniyah Depok
  • Antonia Junianty Laratmase STIKP Arrahmaniyah Depok

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14228

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memaparkan (1) bagaimana transformasi nilai pendidikan karakter diterapkan pada pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri X, serta (2) bagaimana penilaian pendidikan karakter pada pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri X. Jenis kajian yang dijalankan ialah kajian kualitatif, di mana data yang dikumpulkannya berupa berbagai kata deskriptif serta tehnik pengumpulan data yang dipergunakan ialah observasi, wawancara, serta analisa dokumen. Untuk memastikan keabsahan data, dipergunakan teknik triangulasi metode. Model analisa data yang dipergunakan ialah model Miles serta Huberman, yakni mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data serta mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian, bisa diambil simpulan jika Madrasah Aliyah Negeri X sudah berhasil menerapkan nilai pendidikan karakter dari tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan sampai penilaian di pelajaran bahasa Indonesia. Pendidik bahasa Indonesia sudah menetapkan nilai pendidikan karakter karakter ke dalam RPP di tahap perencanaan, serta Madrasah Aliyah Negeri X secara keseluruhan sudah mengimplementasikan 10 nilai pendidikan karakter pada pelajaran bahasa Indonesia pada tahap pelaksanaan. Pada tahap penilaian, pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia sudah menilai bukan hanya dari aspek akademik tetapi juga dari aspek non akademik misalnya sikap ataupun kepribadian siswa.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Syafruddin, S., Suyuti, S., Fateah, N. ., Ati, H. M. ., & Laratmase, A. J. . (2023). Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4712–4718. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14228