Analisis Model PJBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14118Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana implementasi model Project Based Learning (PjBL) dalam dimensi kreatif profil pelajar pancasila pada peserta didik kelas IV di SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang yang berjumlah 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran PjBL dapat diimplementasikan dalam dimensi kreatif profil pelajar pancasila. Berdasarkan hasil observasi, masing-masing elemen pada dimensi kreatif rata-rata menunjukkan hasil yang signifikan yaitu dengan Kriteria Berkembang Sesuai Harapan. Model pembelajaran PjBL sangat membantu dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pancasila (P5), terutama pada dimensi kreatif. Melalui sintak pembelajarannya peserta didik dapat mengembangkan kreativitasnya dalam penguatan dimensi kreatif, selain itu peserta didik tidak merasa bosan dalam pembelajaran dan dapat mengeksplor pembelajaran yang ada pada lingkungan sekitarnya.Downloads
Published
2023-04-16
How to Cite
Fadhilah, . . U. ., Azizah, M. ., Roshayanti, . F. ., & Handayani, S. . (2023). Analisis Model PJBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4435–4440. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14118
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Umi Fadhilah, Mira Azizah, Fenny Roshayanti, Susi Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).