Penggunaan Media “Roda Binggo ” Terhadap Hasil Belajar Kelas 4 Di SDN Pandean Lamper 04 Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14095Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dimana peserta didik hanya fokus dalam penjelasan guru pada meteri yang diberikan lewat media powerpoint tanpa melibatkan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran untuk mengaktifkan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Menghasilkan media pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar.untuk mengetahui penggunaan media “Roda Binggo” terhadap hasil belajar kelas 4 SDN Pandena Lamper 04 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pre-experimental didesain dengan model one group pretest-posttest. Populasi dari penelitian ini peserta didik kelas 4 di SDN Pandean Lamper 04 berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengambilan sampel memakai sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan obseravasi dan tes. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh > yaitu 8,499 > 2,080 sehingga ditolak dan diterima ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan uji gain 0,6 artinya perserta didik mengalami perubahan hasil belajar dengan kategori sedang. Hasil belajar pretest-posttest peserta didik menunjukan kenaikan ketuntasan belajar sebesar 73%. Berdasarkan hasil belajar rata-rata nilai postest 84,91 dengan peserta didik mencapai ketuntasan berjumlah 20 peserta didik 91% sedangkan rata-rata pretest 63,64 dengan jumlah ketuntasan 4 peserta didik atau hanya 18%.Downloads
Published
2023-04-15
How to Cite
Handayani, I. N. ., M, N. A. N. ., Roshayanti, F. ., & Handayaningsih, S. . (2023). Penggunaan Media “Roda Binggo ” Terhadap Hasil Belajar Kelas 4 Di SDN Pandean Lamper 04 Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4409–4415. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14095
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Isyeh Nurul Handayani, Ngurah Ayu Nyoman M, Fenny Roshayanti, Susi Handayaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).