Keefektifan Pembelajaran Media Utaka Melalui Metode Bermain Terhadap Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Rikanah i Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Rasiman Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13856

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media utaka dengan metode bermain terhadap kemampuan Berbahasa Ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Warungasem. Langkah yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menggunakan desain eksperimen Post-test Only Control Group Design Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media utaka melalui metode bermain efektif terhadap kemampuan berbahasa Ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan warungasem . Berdasarkan peskoran yang telah dilakukan, hasil peskoran diperoleh 1). Skor rata-rata kelas kontrol yang menggunakan media buku cerita sebesar 13,69 atau 57,04%. Sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan media utaka  rata-ratanya 21,13 atau 88,04 %. 2). Skor rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode tanya jawab 11,31 atau 47,13 %. Sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan metode bermain  20,31 atau 84,63 %. 3). Skor rata-rata kelas kontrol yang menggunakan media buku cerita melalui metode tanya jawab  skor rata-ratanya sebesar 13,69 atau 57,04 %. Sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan media utaka melalui bermain rata-ratanya 21,13 atau 88,04 %. Berdasarkan dari hasil uji Univariate One-Way ANOVA diketahui bahwa Taraf signifikansi 0,05. Sigifikansi hasil uji p = 0,000, Signifikansi hasil uji (sig) < taraf signifikansi (0,000 < 0,05), artinya ada perbedaan kemampuan bahasa Ekspresif anak antara yang menggunakan madia uaka melalui metode bermain.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

i, R. ., Siswanto, J. ., & Rasiman, R. (2023). Keefektifan Pembelajaran Media Utaka Melalui Metode Bermain Terhadap Kemampuan Berbahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3163–3168. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13856