Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Metode Kumon dikelas V SD

Authors

  • Diva Azani Universitas Negeri Padang
  • Zuardi Zuardi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13643

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari hasil belajar peserta didik yang masih rendah dilihat dari hasil Ujian Tengah Semester I kelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kab. Agam diketahui bahwa bahwa persentase ketuntasan dari nilai pengetahuan masih rendah hal ini terlihat dari mata pelajaran Bahasa Indonesia 45%, PPKn 30%, dan IPS 60%. KBM  adalah (Ketuntasan Belajar Minimum) yang telah ditetapkan guru yaitu 77. Jadi dapat dilihat masih banyaknya peserta didik yang belum memenuhi KBM. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan metode Kumon dikelas V SDN 24 Guguak Tinggi kecamatan IV Koto. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 Pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a)RPP siklus I dengan rata-rata 81,5% (B), siklus II 94% (SB), b).Pelaksanaan pada aspek pendidik siklus I dengan rata-rata 83,5% (B) siklus II 92% (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 80% (B), siklus II 92% (SB), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata dengan 76,76 dan siklus II rata-rata 85,9. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Azani, . D. ., & Zuardi, Z. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Metode Kumon dikelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 1–6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.13643