Hubungan Antara Gaya Mengajar Interaksional Guru Dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Perwanida Muara Enim

Authors

  • Nova Damayanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhtarom Muhtarom Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13289

Abstract

Penelitin ini berjudul “Hubungan antara gaya mengajar interaksioanal guru dengan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Ra Perwanida Muara Enim”. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini (1) Bagaimana gaya mengajar guru di Ra Perwanida Muara Enim (2) Bagaimana kemampua kognitif anak di Ra Perwanida Muara Enim (3) Apakah ada hubungan antara gaya mengajar interaksional guru dengan kemampuan kognitif anak di Ra Perwanida Muara Enim. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui bagaimana gaya mengajar guru di Ra Perwanida Muara Enim (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif anak di Ra Perwanida Muara Enim (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara gaya mengajar interakssional guru dengan kemampuan kognitif anak di Ra Perwanida Muara Enim. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi product moment Pearson. Jumlah sampel anak yang digunakan 15 terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dengan melakukan pengamatan langsung ke sekolah, kuesioner, dan dokumentasi. Kemudian data akan dianalisis dengan menggunakan uji reliabilits, normalitas, linieritas, dan uji hipotesis. Dari  hasil penelitiian menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y,  ,dari hasil output yang diolah diketahui nilai rhittung> rtabel   (4,433>1771) yang menunjukkan tingkat hubungan  yang kuat, sehingga HO ditolak dan Ha  diterima artinya terdapat hubungan antara gaya mengajar interaksional guru dan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida Muara Enim.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Damayanti, N., Marlina, L., & Muhtarom, M. (2023). Hubungan Antara Gaya Mengajar Interaksional Guru Dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Perwanida Muara Enim. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2304–2312. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13289