Strategi Komunikasi Pemasaran Aplikasi RCTI+ Untuk Meningkatkan Pengguna Dalam Program Acara The Voice Indonesia

Authors

  • Cindy Dhea Carolla Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
  • Afrina Sari Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13275

Abstract

Strategi komunikasi pemasaran biasanya digunakan di perusahaan manufaktur, namun perusahaan jasa pertelevisian juga menggunakannya, dalam hal ini aplikasi RCTI+. Rajawali Citra Televisi Indonesia Plus (RCTI+) adalah aplikasi mobile dengan layanan audio dan video on demand serta layanan live streaming. Berkolaborasi dengan program acara The Voice Indonesia dengan tujuan memudahkan para penonton untuk menonton dan tentunya meningkatkan jumlah pengguna Aplikasi RCTI+. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui bagaimana strategi  komunikasi pemasaran pada tim pemasaran dalam meningkatkan jumlah pengguna pada aplikasi RCTI+ dalam program The Voice Indonesia. Paradigma penelitian ini yaitu paradigma konstruktivis dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode penelitiannya adalah studi kasus. Hasil Penelitian ini adalah proses komunikasi pemasaran aplikasi RCTI+ dalam program The Voice Indonesia musim ini yang tayang perdana 17 Juni 2022 disebut dengan The Voice All Stars mengintegrasikan kegiatan komunikasi pemasaran dilakukan dengan cara mengintegrasikan media komunikasi pemasarannya yaitu Off Air, On Air dan Digital. RCTI+ memadukan berbagai elemen komunikasi pemasaran menjadi satu kesatuan. Upaya ini senantiasa dilakukan agar pesan-pesan atau kampanye yang disampaikan kepada audiens dapat terarah sesuai dengan konsep komunikasi pemasaran terpadu dan pemasaran digital.

Downloads

Published

2023-03-26

How to Cite

Carolla, C. D. ., & Sari, A. . (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Aplikasi RCTI+ Untuk Meningkatkan Pengguna Dalam Program Acara The Voice Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1811–1817. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13275