Komunikasi Pemasaran Serikat Pekerja NIBA BCA untuk Meningkatkan Jumlah Anggota dalam Menghadapi Perjanjian Kerja Bersama

Authors

  • Muhammad Okky Sukarno Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia
  • Afrina Sari Universitas Budi Luhur Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13276

Abstract

Komunikasi Pemasaran tidak hanya dapat diterapkan pada kegiatan penjualan pada perusahaan jasa, pada organisasi serikat pekerja kegiatan komunikasi pemasaran dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah anggota. Perjanjian kerja bersama merupakan agenda rutin setiap 2 tahun antara serikat pekerja dan manajemen perusahaan Serikat Pekerja NIBA BCA memiliki fungsi sebagai wadah aspirasi bagi pekerja yang ada di BCA memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya serta karyawan di BCA. Pada tahun 2021 Serikat Pekerja NIBA BCA berdasarkan hasil verifikasi jumlah anggota dinyatakan tidak lolos untuk menjadi tim perunding pada perjanjian kerja bersama periode 2022-2024 karena hanya memiliki 9,81% jumlah anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran Serikat Pekerja NIBA BCA untuk meningkatkan jumlah anggota dalam menghadapi perjanjian kerja bersama dan untuk mengetahui apa saja kendala-kendala yang dihadapi dihadapi serikat pekerja dalam proses meningkatkan jumlah anggota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan paradigma konstruktivis dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini adalah komunikasi pemasaran yang dilakukan serikat pekerja melalui media promosi berupa souvenir pada acara bakti sosial donor darah, kegiatan roadshow kepada anggota serta manajemen BCA, kegiatan bakti sosial donor darah, pada media sosial pemasaran dilakukan melalui kegiatan anggota untuk mengunggah acara-acara atau kegiatan yang dihadiri oleh anggota dan diunggah di instagram pribadi dan melakukan Tag akun instagram serikat pekerja, kegiatan personal selling dilakukan kepada karyawan-karyawan baru di BCA. Kendala-kendala yang dihadapi adalah kurangnya ide-ide kreatif untuk kegiatan periklanan dan promosi, waktu yang dimiliki para anggota dan pengurus untuk ikut dalam kegiatan serikat pekerja, kegiatan personal selling tidak dapat merata karena terdapat perbedaan situasi dan kondisi di wilayah masing-masing, sehingga pada periode awal tahun 2022 hanya terjadi terdapat penambahan jumlah anggota pada wilayah Dpc Sp Niba Bca Kantor Pusat dan SCBD saja.

Downloads

Published

2023-03-26

How to Cite

Sukarno, . M. O. ., & Sari, A. . (2023). Komunikasi Pemasaran Serikat Pekerja NIBA BCA untuk Meningkatkan Jumlah Anggota dalam Menghadapi Perjanjian Kerja Bersama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1818–1827. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13276