Komunikasi Pemasaran Serikat Pekerja NIBA BCA untuk Meningkatkan Jumlah Anggota dalam Menghadapi Perjanjian Kerja Bersama
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13276Abstract
Komunikasi Pemasaran tidak hanya dapat diterapkan pada kegiatan penjualan pada perusahaan jasa, pada organisasi serikat pekerja kegiatan komunikasi pemasaran dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah anggota. Perjanjian kerja bersama merupakan agenda rutin setiap 2 tahun antara serikat pekerja dan manajemen perusahaan Serikat Pekerja NIBA BCA memiliki fungsi sebagai wadah aspirasi bagi pekerja yang ada di BCA memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya serta karyawan di BCA. Pada tahun 2021 Serikat Pekerja NIBA BCA berdasarkan hasil verifikasi jumlah anggota dinyatakan tidak lolos untuk menjadi tim perunding pada perjanjian kerja bersama periode 2022-2024 karena hanya memiliki 9,81% jumlah anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran Serikat Pekerja NIBA BCA untuk meningkatkan jumlah anggota dalam menghadapi perjanjian kerja bersama dan untuk mengetahui apa saja kendala-kendala yang dihadapi dihadapi serikat pekerja dalam proses meningkatkan jumlah anggota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan paradigma konstruktivis dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini adalah komunikasi pemasaran yang dilakukan serikat pekerja melalui media promosi berupa souvenir pada acara bakti sosial donor darah, kegiatan roadshow kepada anggota serta manajemen BCA, kegiatan bakti sosial donor darah, pada media sosial pemasaran dilakukan melalui kegiatan anggota untuk mengunggah acara-acara atau kegiatan yang dihadiri oleh anggota dan diunggah di instagram pribadi dan melakukan Tag akun instagram serikat pekerja, kegiatan personal selling dilakukan kepada karyawan-karyawan baru di BCA. Kendala-kendala yang dihadapi adalah kurangnya ide-ide kreatif untuk kegiatan periklanan dan promosi, waktu yang dimiliki para anggota dan pengurus untuk ikut dalam kegiatan serikat pekerja, kegiatan personal selling tidak dapat merata karena terdapat perbedaan situasi dan kondisi di wilayah masing-masing, sehingga pada periode awal tahun 2022 hanya terjadi terdapat penambahan jumlah anggota pada wilayah Dpc Sp Niba Bca Kantor Pusat dan SCBD saja.Downloads
Published
2023-03-26
How to Cite
Sukarno, . M. O. ., & Sari, A. . (2023). Komunikasi Pemasaran Serikat Pekerja NIBA BCA untuk Meningkatkan Jumlah Anggota dalam Menghadapi Perjanjian Kerja Bersama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1818–1827. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13276
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Okky Sukarno, Afrina Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).