Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pemerintahan Pusat melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)

Authors

  • Herniwati Herniwati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Masrul Masrul Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran peningkatan hasil belajar sistem pemerintahan pusat dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV SD Pahlawan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2021. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Pahlawan tahun pelajaran 2021-2022 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, terdiri dari 17 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I hanya 19 atau 63,33% orang yang mencapai ketuntasan secara individual. Siklus II meningkat menjadi 28 orang atau 93,33% yang mencapai ketuntasan secara individual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Temas Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV SD Pahlawan.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Herniwati, . H., Daulay, M. I. ., & Masrul, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pemerintahan Pusat melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6088–6093. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13189

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>