Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab secara Daring di MA Nurul Hikmah Haurgeulis

Authors

  • Siska Royani Putri Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Moch. Hasyim Fanirin Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Wiena Safitri Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13162

Abstract

Riset ini mengkaji mengenai efektivitas pembelajaran Bahasa Arab secara daring pada masa pandemi covid-19. Pokok masalah dari penelitian ini yaitu berbagai kendala yang dihadapi siswa saat pembelajaran secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab secara daring, mengetahui dan memahami apa saja kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab secara daring, dan untuk mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran bahasa Arab secara daring. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik obeservasi dan wawancara secara mendalam kepada para siswa, dan guru Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pembelajaran dengan sistem daring pada pembelajaran Bahasa Arab di MA Nurul Hikmah Haurgeulis tidak efektif, 2) Faktor penghambat efektivitas saat pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi whatsapp yaitu siswa kurang terkontrol pada saat pembelajaran, kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru pada saat pembelajaran daring, karena siswa tidak dapat bertanya langsung kepada guru

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Putri, S. R., Fanirin, M. H., & Safitri, W. (2023). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab secara Daring di MA Nurul Hikmah Haurgeulis . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1751–1762. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13162