Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab secara Daring di MA Nurul Hikmah Haurgeulis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13162Abstract
Riset ini mengkaji mengenai efektivitas pembelajaran Bahasa Arab secara daring pada masa pandemi covid-19. Pokok masalah dari penelitian ini yaitu berbagai kendala yang dihadapi siswa saat pembelajaran secara daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab secara daring, mengetahui dan memahami apa saja kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab secara daring, dan untuk mencari solusi yang tepat untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran bahasa Arab secara daring. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik obeservasi dan wawancara secara mendalam kepada para siswa, dan guru Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pembelajaran dengan sistem daring pada pembelajaran Bahasa Arab di MA Nurul Hikmah Haurgeulis tidak efektif, 2) Faktor penghambat efektivitas saat pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi whatsapp yaitu siswa kurang terkontrol pada saat pembelajaran, kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru pada saat pembelajaran daring, karena siswa tidak dapat bertanya langsung kepada guruDownloads
Published
2023-03-25
How to Cite
Putri, S. R., Fanirin, M. H., & Safitri, W. (2023). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab secara Daring di MA Nurul Hikmah Haurgeulis . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1751–1762. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13162
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Siska Royani Putri, Moch. Hasyim Fanirin, Wiena Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









