Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Membaca dengan Bahasa Arab Di TPA Mutiara Harapan Mustikajaya Bekasi

Authors

  • Feri Sapari Amirullah IAI AL-AZIS
  • Moch. Hasyim Fanirin IAI AL-AZIS
  • Fikri Halfia Ramadhan IAI AL-AZIS

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6835

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa kreativitas guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan membaca sekaligus mengetahui manfaat apa yang didapat apabila murid TPA Mutiara Harapan Mustikajaya Bekasi bisa menguasai kemampuan berbicara dan membaca dengan bahasa Arab. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif penelitian deskriptif dengan teknik wawancara kepada guru, staff, dan beberapa peserta didik TPA Mutiara Harapan Mustikajaya Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara dan membaca bahasa Arab murid TPA Mutiara Harapan Mustikajaya Bekasi rata-rata dari peserta didik yang kami observasi mereka sudah mengenal huruf hijaiyah. Pelafalan atau pengucapan makhorijul huruf, hukum tajwid serta penerapan panjang pendek dalam membaca bahasa Arab menjadi kesulitan terbesar yang dialami peserta didik.

Downloads

Published

2022-09-14

How to Cite

Amirullah, F. S. ., Fanirin , M. H. ., & Ramadhan, F. H. . (2022). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dan Membaca dengan Bahasa Arab Di TPA Mutiara Harapan Mustikajaya Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1645–1650. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6835