Peningkatan Prestasi Belajar Kognitif Dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SDN Panggung Lor Semarang

Authors

  • Halimah Halimah Universitas PGRI Semarang
  • Duwi Nuvitalia Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Saputra Universitas PGRI Semarang
  • Catur Prasetiawati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13437

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dengan model Problem Based Learning (PBL) kelas IV SDN Panggung Lor. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 28 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan diantaranya tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mata pelajaran PKn mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 diperoleh rata-rata 83 dengan ketuntasan 75%, siklus 2 rata-rata 86 dengan ketuntasan 89%, dan siklus 3 rata-rata 89 dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV mengalami peningkatan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Halimah, H., Nuvitalia, D. ., Saputra, H. J. ., & Prasetiawati, C. . (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Kognitif Dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SDN Panggung Lor Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2577–2583. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13437