Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jepara

Authors

  • Eko Keswanto Universitas PGRI Semarang,
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang,
  • MA Primaningrum DIan [email protected]

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13084

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh konseling kelompok menggunkan Teknik Self Management terhadap perilaku bullying. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Eksperimen Design dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sampai dengan VIII I. Sampel yang terpilih untuk dilakukan penelitan berjumlah 16 kemudian dibagi menjadi 2 kelompok control dan kelompok eksperimen mendapatkan populasi dengan Teknik sampling purposive, dengan menggunakan teknik Self Management. Berdasarkan hasil analisis angket skala psikologis siswa menunjukan bahwa kelompok eksperimen nilai maksimal sebelum treatment sebesar 83 dan setelah treatment sebesar 94. Hasil uji t dapat disimpulkan bahwa nilai mean pada posttest eksperimen sebesar 75.75 dan possttest kontrol sebesar 68.63. Maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management untuk mereduksi perilaku bullying pada siswa kelas VIII SMPN 1 Jepara. Saran yang dapat disampaikan untuk guru adalah konseling kelompok dengan Teknik self management mampu untuk mengurangi perilaku bullying

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Keswanto, E. ., Ismanto, H. S. ., & DIan, M. P. . (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jepara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1225–1230. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13084