Hubungan Strategi Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Dhita Indah Sari Universitas PGRI Palembang
  • Dhita Indah Sari Universitas PGRI Palembang
  • Maharani Oktavia Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12937

Abstract

Dilatar belakang telah diketahui bahwa suasana kelas yang ribut dapat membuat keadaan belajar menjadi tidak kondusif, siswa terlihat kurang memahami materi dikarenakan kurangnya fasilitas buku untuk siswa dan keadaan lingkungan sekolah yang berada ditengah-tengah masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tegalrejo yang berjumlah 20 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini sama dengan populasi adalah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah t-test satu sampel untuk variabel X dan variabel Y, untuk mencari korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus korelasi product moment kasar. Hasil dari penelitian ini adalah: variabel X (pengelolaan kelas) dan variabel Y (hasil belajar) mempunyai korelasi yang cukup dengan melihat angka   yang didapatkan adalah : 0,586. Apabila hitungan tersebut diinterpretasikan angkanya dengan membandingkan hasil perhitungan dengan angka indeks korelasi “r” product moment, ternyata  (0,586) besarnya berada pada 0,40-0,70 yaitu berarti hubungan antara variabel X (pengelolaan kelas) dan variabel Y (hasil belajar) termasuk hubungan positif cukup. Maka dari itu disimpulkan bahwa pengelolaan kelas dapat mempengaruhi secara positif terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Sari, D. I. ., Sari, D. I. ., Oktavia, M. ., & Kuswidyanarko, A. . (2023). Hubungan Strategi Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 758–774. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12937

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>