Menakar Tingkat Keterampilan Berfikir Kritis Dosen Jurusan Pendidikan IPS Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12901Abstract
Keterampilan berpikir kritis memberikan gambaran proses pemikiran yang reflektif, logis dan rasional dalam membuat sebuah keputusan. Penelitian ini bertujuan menakar tingkat keterampilan berfikir kritis dosen Jurusan Pendidikan IPS pada perguruan tinggi negeri di Kota Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen Jurusan Pendidikan IPS pada perguruan tinggi negeri di Kota Pekanbaru sebanyak 62 orang yang pada dua Universitas, yakni Universitas Riau dan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru dan menjadikan seluruh populasi menjadi sampel penelitian menggunakan Teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan menggunakan angket yang berpedoman pada 5 indikator yang dikemukakan Marzano. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase skor yang dipilih untuk seluruh item kemudian dilakukan interpretasi menjadi beberapa kategori yakni baik sekali (86-100%), baik (76-85%), cukup (60-75%), kurang (55-59%) dan kurang sekali (? 54%). Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterampilan berfikir kritis dosen-dosen Jurusan Pendidikan IPS pada perguruan tinggi negeri di Kota Pekanbaru berda pada kategori baik yakni mencapai 77,46%. Hasil tersebut didapat dari tiap indikator meliputi indikator mengevaluasi keefektifan tindakan sebesar 80,25% (baik), indikator jelas dan mencari kejelasan sebesar 72,58% (cukup baik), indikator bersifat terbuka sebesar 82,65% (baik), indikator mampu menempatkan diri ketika ada jaminan sebesar 75,4% (baik), dan indikator bersifat sensitif dan tahu kemampuan pengetahuan teman sebesar 76,2%.Downloads
Published
2023-03-17
How to Cite
Primahardani, I. (2023). Menakar Tingkat Keterampilan Berfikir Kritis Dosen Jurusan Pendidikan IPS Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Pekanbaru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 906–916. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12901
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Indra Primahardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).