Studi Perbandingan Motivasi Belajar Mahasiswa Yang Menerima dan Tidak Menerima Beasiswa Di Prodi PPKn Universitas Riau
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12284Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan peneliti mendapatkan pernyataan mahasiswa menerima beasiswa motivasi belajar yang mereka miliki ingin lulus diwaktu yang tepat karena jangka beasiswa yang mereka miliki hanya membiayai perkuliahan selama semester delapan untuk program S1, sehingga mereka tidak ingin melewatkan atau menunda satu semester saja untuk kelulusannya dengan semangat untuk menyelesaikan perkulihan tepat waktu. Dari sini terlihat motivasi mahasiswa terbentuk dengan baik untuk segera menyelesaikan S1 nya. Sedangkan mahasiswa yang tidak menerima beasiswa peneliti mendapatkan pernyataan bahwa motivasi belajar yang mereka miliki terdapat dari keluarga terutama orang tua, dimana mahasiswa tidak menerima beasiswa memiliki motivasi belajar untuk cepat lulus agar meminimalisir biaya yang di keluarkan oleh orang tuanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbandingan motivasi belajar mahasiswa yang menerima dan tidak menerima beasiswa di prodi PPKn FKIP Universitas Riau. Teknik analisis yang digunakan dengan metode kuantitatif yaitu komparatif. Analisis data yang digunakan adalah uji independent t-tes dengan menggunakan bantuk program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan diperoleh nilai sig. (2-Tailed) 959. Karena signifikasi > 0.05 maka dapat di simpulkan bahwa H0 diterima. Artinya “tidak ada perbandingan motivasi belajar mahasisw yang menerima dan tidak menerima beasiswa di prodi PPKn FKIP Universitas Riau”.Downloads
Published
2023-03-04
How to Cite
Mita, L. S., Supentri, S., & Primahardani, I. (2023). Studi Perbandingan Motivasi Belajar Mahasiswa Yang Menerima dan Tidak Menerima Beasiswa Di Prodi PPKn Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 125–131. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12284
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Lasmita Siregar Mita, Supentri Supentri, Indra Primahardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).