Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Siswa

Authors

  • Musmulyadi Musmulyadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Molli Wahyuni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12632

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa banyak siswa kelas II MI Tarbiyyatul Hidayah kesulitan memahami pembelajaran perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar perkalian pada siswa kelas II A SD Negeri 37 Bengkalis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar perkalian pada siswa kelas II A SD Negeri 37 Bengkalis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II A SD Negeri 37 Bengkalis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Maret hingga April 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II A yang berjumlah 30 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 13 orang, dan siswa perempuan berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 72.50, selanjutnya dari 30 orang siswa hanya 18 orang siswa atau 60.00% yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 80.50, dan dari 30 orang siswa terdapat 28 orang siswa atau 93.33% yang mencapai ketuntasan secara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar perkalian pada siswa kelas II A SD Negeri 37 Bengkalis.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Musmulyadi, . M., Wahyuni, M. ., & Daulay, M. I. . (2022). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 712–719. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12632