Implementasi Six Sigma Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Islam

Authors

  • Nur Hidayah Universitas Islam An Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12530

Abstract

Artikel ini berfokus pada memimpin konsentrasi pada pemanfaatan six sigma dalam membangun administrasi mutu madrasah Islam. Artikel ini menganalisis tulisan tentang six sigma yang secara umum diterapkan pada dunia bisnis dan menyesuaikannya dengan kualitas penyelenggaraan pendidikan Islam. Penulis menggunakan metode penelitian DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Hasil penelitian menunjukkan bahwa six sigma ada dua jenis pemanfaatan dalam administrasi mutu madrasah. 1) pelaksanaan six sigma dalam mengerjakan hakikat permadrasahan. Komponen yang langsung berhubungan dengan sistem pelatihan di madrasah adalah kepala madrasah, direktur, dan tenaga pendidik. Dari komponen tersebut dapat menerapkan six sigma selama waktu yang dihabiskan untuk bekerja pada sifat pelatihan, siap untuk bertahan atau mengurangi masalah yang ada. 2) penggunaan six sigma dalam menggarap asosiasi dalam landasan-landasan instruktif. a) madrasah melakukan perencanaan, b) madrasah menghasilkan lulusan yang dapat menguasai bidang mental yang berbeda, c) madrasah dapat merencanakan program pendidikan yang layak, d) madrasah dapat melakukan pengembangan pengalaman sesuai dengan program pendidikan, e) madrasah memutuskan evaluasi yang adil sesuai indikasi dengan instrumen evaluasi, f) madrasah memiliki kemampuan keterampilan dan pelatihan tenaga, g) dapat membentuk RKS dan RKAS.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Hidayah, . N. . (2022). Implementasi Six Sigma Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 673–681. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12530