Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Sejarah

Authors

  • Haris Firmansyah Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12511

Abstract

Tujuan penelian ini yakni untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengakses Literasi Digital dan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menggunakan Literasi Digital sebagai media pembelajaran Sejarah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah medote kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Mujahidin, Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa kelas XI. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) guru mampu mengaplikasikan literasi digital dalam pembelajaran sejarah, membuat rancangan media pembelajaran literasi, menganalisis informasi literasi digital yang tepat dan mengevaluasi hasil pembelajaran melalui teknologi digital yang memuat meteri-meteri sejarah. kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sejarah menjadi lebih terarah dan tepat sasaran. (2) Pembelajaran sejarah terutama pada masa pandemic covid 19 sangat memerlukan literasi digital. Oleh sebab itu, guru sejarah Madrasah Aliyah Mujahidin memaksimalkan pemanfaatan literasi digital ini dengan beberapa tahapan. Tahap pertama yakni tahap perencanaan, selain menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) guru juga menyiapkan serta mencari literasi digital yang sesuai dengan materi pembelajaran. Tahapan kedua, guru mengimplementasikan perencanaan yang telah disusun kedalam proses pembelajaran sejarahnya, yakni dengan membagikan atau memberi literasi digital yang bertema sejarah kepada siswa. Kemudian meminta siswa untuk membaca dan membuat review literas digital tersebut. Dengan memaksimalkan literasi digital sebagai media pembelajaran sejarah diharapkan siswa mampu memahami dan menganalisis pembelajaran sejarah dengan tepat. Kata Kunci: Literasi digital, pembelajaran sejarah

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Firmansyah, H. (2023). Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 505–510. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12511