Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Sejarah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12511Abstract
Tujuan penelian ini yakni untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengakses Literasi Digital dan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menggunakan Literasi Digital sebagai media pembelajaran Sejarah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah medote kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Mujahidin, Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa kelas XI. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) guru mampu mengaplikasikan literasi digital dalam pembelajaran sejarah, membuat rancangan media pembelajaran literasi, menganalisis informasi literasi digital yang tepat dan mengevaluasi hasil pembelajaran melalui teknologi digital yang memuat meteri-meteri sejarah. kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sejarah menjadi lebih terarah dan tepat sasaran. (2) Pembelajaran sejarah terutama pada masa pandemic covid 19 sangat memerlukan literasi digital. Oleh sebab itu, guru sejarah Madrasah Aliyah Mujahidin memaksimalkan pemanfaatan literasi digital ini dengan beberapa tahapan. Tahap pertama yakni tahap perencanaan, selain menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) guru juga menyiapkan serta mencari literasi digital yang sesuai dengan materi pembelajaran. Tahapan kedua, guru mengimplementasikan perencanaan yang telah disusun kedalam proses pembelajaran sejarahnya, yakni dengan membagikan atau memberi literasi digital yang bertema sejarah kepada siswa. Kemudian meminta siswa untuk membaca dan membuat review literas digital tersebut. Dengan memaksimalkan literasi digital sebagai media pembelajaran sejarah diharapkan siswa mampu memahami dan menganalisis pembelajaran sejarah dengan tepat. Kata Kunci: Literasi digital, pembelajaran sejarahDownloads
Published
2023-03-12
How to Cite
Firmansyah, H. (2023). Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 505–510. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12511
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Haris Firmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).