Pengaruh Siklus Belajar Tri Pramana Guna Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Bermuatan Kearifan Lokal Di MI Nahdlatul Ulama'

Authors

  • Muhammad Hifdil Islam Universitas islam zainul Hasan Genggong
  • Choerul Anwar Badruttamam Universitas islam zainul Hasan Genggong,
  • Siti Nur Kholishah Universitas Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12485

Abstract

Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah guna meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan siklus belajar Tri Pramana bermuatan kearifan lokal. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi MI Nahdlatul Ulama' yang berjumlah 21 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan deskriptif kualitatif. Pembelajaran siklus Tri pramana diharapkan mampu berimplikasi dan memberikan pengaruh yang baik pada peningkatan hasil belajar peserta didik khususnya di kelas V IT MI Nahdlatul Ulama'. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase yang diperoleh siswa dari siklus I dengan presentase 79,5% pada kategori baik, dan pada siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 87,8 % pada kategori sangat baik.

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Islam, . M. H. ., Badruttamam, C. A. ., & Kholishah, S. N. (2023). Pengaruh Siklus Belajar Tri Pramana Guna Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Bermuatan Kearifan Lokal Di MI Nahdlatul Ulama’. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2683–2689. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12485

Most read articles by the same author(s)