Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu

Authors

  • Yasinta Aprilia Sembiring UINFAS Bengkulu
  • Adisel Adisel UINFAS Bengkulu
  • Qolbi Khoiri UINFAS Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12222

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam, 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik, 3) Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun responden penelitian Kepala Sekolah dan 3 guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam sudah memenuhi indikator kepribadian guru; mantap dan stabil, dewasa, arif, berwibawa, berakhlak mulia dan menjadi teladan bagi peserta didik. 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak peserta didik melalui pembiasaan dan menjadikan dirinya teladan. 3) Faktor pengdukung dalam membina akhlak peserta didik adalah dengan lingkungan sekolah yang menerapkan nilai-nilai karakter di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang lingkungan perseta didik dan penanyangan media sosial.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Sembiring, Y. A. ., Adisel, A., & Khoiri, Q. . (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5859–5868. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12222