Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12222Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam, 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik, 3) Faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun responden penelitian Kepala Sekolah dan 3 guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam sudah memenuhi indikator kepribadian guru; mantap dan stabil, dewasa, arif, berwibawa, berakhlak mulia dan menjadi teladan bagi peserta didik. 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam untuk membina akhlak peserta didik melalui pembiasaan dan menjadikan dirinya teladan. 3) Faktor pengdukung dalam membina akhlak peserta didik adalah dengan lingkungan sekolah yang menerapkan nilai-nilai karakter di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang lingkungan perseta didik dan penanyangan media sosial.Downloads
Published
2023-02-10
How to Cite
Sembiring, Y. A. ., Adisel, A., & Khoiri, Q. . (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5859–5868. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12222
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yasinta Aprilia Sembiring, Adisel, Qolbi Khoiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).