Analisis Kebijakan Islam Pada Pendidikan Tinggi, Sertifikasi Guru Dan Dosen (Dampak UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bagi Guru Madrasah)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11964Abstract
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan demikian. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru profesional harus memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Hal ini memerlukan penataan kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional, Perlu juga diperhatikan upaya untuk memaksimalkan fungsi dan peran strategis guru dan dosen yang menjunjung tinggi hak dan kewajiban guru dan dosen sebagai tenaga profesional, pembinaan dan pengembangan profesi. guru dan dosen, perlindungan hukum, perlindungan profesi, serta perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja. Maka lahirlah undang-undang no. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Sehubungan dengan itu dalam tulisan ini akan dibahas analisis dampak UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen bagi guru madrasah.Downloads
Published
2023-01-29
How to Cite
Sulaiman, A. ., & Khoiri, Q. . (2023). Analisis Kebijakan Islam Pada Pendidikan Tinggi, Sertifikasi Guru Dan Dosen (Dampak UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bagi Guru Madrasah). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5594–5601. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11964
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Sulaiman, Qolbi Khoiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).