Analisis Kebijakan Islam Pada Pendidikan Tinggi, Sertifikasi Guru Dan Dosen (Dampak UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bagi Guru Madrasah)

Authors

  • Ahmad Sulaiman UINFAS Bengkulu
  • Qolbi Khoiri UINFAS Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11964

Abstract

UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan demikian. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru profesional harus memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Hal ini memerlukan penataan kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional, Perlu juga diperhatikan upaya untuk memaksimalkan fungsi dan peran strategis guru dan dosen yang menjunjung tinggi hak dan kewajiban guru dan dosen sebagai tenaga profesional, pembinaan dan pengembangan profesi. guru dan dosen, perlindungan hukum, perlindungan profesi, serta perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja. Maka lahirlah undang-undang no. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Sehubungan dengan itu dalam tulisan ini akan dibahas analisis dampak UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen bagi guru madrasah.

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Sulaiman, A. ., & Khoiri, Q. . (2023). Analisis Kebijakan Islam Pada Pendidikan Tinggi, Sertifikasi Guru Dan Dosen (Dampak UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bagi Guru Madrasah). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5594–5601. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11964