Identifikasi Komponen Kemampuan Guru SD Dalam Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Di Kepulauan Riau
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.12159Abstract
Kompetensi profesional guru Sekolah Dasar (SD) belum efektif dalam mengupayakan mutu pembelajaran di kelas. Tugas dan tanggung jawab yang dilaksanakan guru SD juga belum dijalankan dengan baik. Riset ini bertujuan mengungkap kerangka pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran oleh guru SD di Kepulauan Riau. Rancangan penelitian yang digunakan merupakan kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dua tahap. Tahap awal dengan studi kualitatif yang melibatkan 11 orang ahli. Tahap kedua berupa studi kuantitatif yang melibatkan 443 responden terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas SD di Kabupaten Bintan dan kota Tanjung Pinang. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara secara daring dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting dan kuesioner online menggunakan Google form. Data hasil kuesioner dianalisis dengan bantuan Aplikasi SPSS versi 20. Pengungkapan struktur keterkaitan komponen kemampaun TIK guru SD dengan unsurnya menggunakan Aplikasi SEM PLS versi 3. Hasil penelitian dapat mengungkap bahwa pemanfaatan TIK untuk pengembangan diri guru SD dengan unsur-unsurnya yaitu: adanya motivasi untuk belajar TIK, terampil menggunakan TIK, meningkatkan kemampuan penggunaan TIK, menerapkan TIK dalam pembelajaran, dan mengembangkan pembelajaran berbasis TIK. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai pedoman peningkatan kemampuan guru SD di Kepulauan Riau dalam memanfaatkan TIK untuk proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Basuki, A. . (2022). Identifikasi Komponen Kemampuan Guru SD Dalam Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Di Kepulauan Riau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2677–2690. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.12159
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ari Basuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).