Identifikasi Komponen Kemampuan Guru SD Dalam Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Di Kepulauan Riau

Authors

  • Ari Basuki STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.12159

Abstract

Kompetensi profesional guru Sekolah Dasar (SD) belum efektif dalam mengupayakan mutu pembelajaran di kelas. Tugas dan tanggung jawab yang dilaksanakan guru SD juga belum dijalankan dengan baik. Riset ini bertujuan mengungkap kerangka pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran oleh guru SD di Kepulauan Riau. Rancangan penelitian yang digunakan merupakan kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dua tahap. Tahap awal dengan studi kualitatif yang melibatkan 11 orang ahli. Tahap kedua berupa studi kuantitatif yang melibatkan 443 responden terdiri dari guru, kepala sekolah, dan pengawas SD di Kabupaten Bintan dan kota Tanjung Pinang. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara secara daring dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting dan kuesioner online menggunakan Google form. Data hasil kuesioner dianalisis dengan bantuan Aplikasi SPSS versi 20. Pengungkapan struktur keterkaitan komponen kemampaun TIK guru SD dengan unsurnya menggunakan Aplikasi SEM PLS versi 3. Hasil penelitian dapat mengungkap bahwa pemanfaatan TIK untuk pengembangan diri guru SD dengan unsur-unsurnya yaitu: adanya motivasi untuk belajar TIK, terampil menggunakan TIK, meningkatkan kemampuan penggunaan TIK, menerapkan TIK dalam pembelajaran, dan mengembangkan pembelajaran berbasis TIK. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai pedoman peningkatan kemampuan guru SD di Kepulauan Riau dalam memanfaatkan TIK untuk proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Basuki, A. . (2022). Identifikasi Komponen Kemampuan Guru SD Dalam Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Di Kepulauan Riau. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2677–2690. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.12159