Pengembangan E-Lkpd Berbasis Liveworksheets Pada Materi Bilangan Berpangkat Untuk Kelas IX SMP/MTS di Kabupaten Madiun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12009Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-LKPD berbasis Liveworksheets yang berkualitas dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yaitu belum adanya media pembelajaran yang menarik dan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi bilangan berpangkat. Penelitian ini dilakukan di MTsN 5 Madiun. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Hasil penelitian adalah (1) e-LKPD berbasis Liveworksheets dinyatakan valid dengan penilaian rata-rata oleh validator sebesar 88,8% (2) e-LKPD berbasis Liveworksheets dinyatakan praktis berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh dari lembar angket respon peserta didik sebesar 85,3% (3) e-LKPD berbasis Liveworksheets dikatakan efektif berdasarkan ketuntasan peserta didik sebesar 87,75%. Dengan demikian e-LKPD berbasis Liveworksheets layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi bilangan berpangkat.Downloads
Published
2023-01-31
How to Cite
Asnawi, H. A. ., Maharani, S. ., & Setyansah, R. K. . (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Liveworksheets Pada Materi Bilangan Berpangkat Untuk Kelas IX SMP/MTS di Kabupaten Madiun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5661–5671. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12009
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Haidar Ali Asnawi, Swasti Maharani, Reza Kusuma Setyansah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).