Efektifitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Berpikir Kritis Matematis Pada Peserta Didik Kelas VII SMP

Authors

  • Tulus Nindi Agustin Universitas PGRI Madiun
  • Swasti Maharani Universitas PGRI Madiun
  • Indra Puji Astuti Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12043

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk : (1) mengetahui apakah model pembelajaran AIR lebih baik  daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik Kelas VII SMP, (2) mengetahui apakah terdapat pengaruh berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar peserta didik  Kelas VII SMP, dan (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran AIR dengan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sample randomsampling dengan terdapat dua kelas sampel, yaitu model pembelajaran AIR yang akan diberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen dan model pembelajaran konvensional yang akan diterapkan kepada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan (?) = 0,05 menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antar model pembelajaran terhadap haisl belajar peserta didik (  dan ), (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar (  = 184,27 dan . (3) tidak terdapat interaksi atau pengaruh antar model pembelajaran dan tingkat kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik terhadap hasil belajar (  dan ). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran AIR lebih baik daripada model pembelajaran konvensional (2) terdapat pengaruh berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP, dan (3) tidak terdapat interaksi antar model pembelajaran AIR dan model pembelajaran konvensional dengan kemampuan berpikir kritis matematis tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Agustin, T. N. ., Maharani, S. ., & Astuti, I. P. . (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Berpikir Kritis Matematis Pada Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5692–5696. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12043