Efektifitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Berpikir Kritis Matematis Pada Peserta Didik Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12043Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk : (1) mengetahui apakah model pembelajaran AIR lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik Kelas VII SMP, (2) mengetahui apakah terdapat pengaruh berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar peserta didik Kelas VII SMP, dan (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran AIR dengan berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sample randomsampling dengan terdapat dua kelas sampel, yaitu model pembelajaran AIR yang akan diberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen dan model pembelajaran konvensional yang akan diterapkan kepada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan (?) = 0,05 menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antar model pembelajaran terhadap haisl belajar peserta didik ( dan ), (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar ( = 184,27 dan . (3) tidak terdapat interaksi atau pengaruh antar model pembelajaran dan tingkat kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik terhadap hasil belajar ( dan ). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) model pembelajaran AIR lebih baik daripada model pembelajaran konvensional (2) terdapat pengaruh berpikir kritis matematis terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP, dan (3) tidak terdapat interaksi antar model pembelajaran AIR dan model pembelajaran konvensional dengan kemampuan berpikir kritis matematis tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP.Downloads
Published
2023-02-01
How to Cite
Agustin, T. N. ., Maharani, S. ., & Astuti, I. P. . (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Berpikir Kritis Matematis Pada Peserta Didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5692–5696. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12043
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Tulus Nindi Agustin, Swasti Maharani, Indra Puji Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).