Moralitas Kepala Sekolah Dalam Progresifitas Lembaga Pendidikan

Authors

  • Sevi Lestari Universitas Islam Nusantara
  • Achmad Saefurridjal Universitas Islam Nusantara
  • Belina Anggia Gustami Universitas Islam Nusantara
  • Nur Devi Yusiawati Gumelar Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11897

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui moral kepemimpinan dari mulai pengaruh, faktor, dan manfaatnya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Peneliti menggunakan metode ini untuk mengumpulkan data dengan cara pengambilan data di pustaka. Teknik studi literatur ini bersumber pada buku, laporan penelitian, jurnal ilmiah, dan catatan lain, berusaha mencari sumber-sumber teori yang relevan sesuai dengan tema dan permasalahan penelitian yang telah ditetapkan sehingga penelitian yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya moral kepemimpinan pendidikan adalah untuk menjamin baiknya pelaksanaan pendidikan di semua tingkat. Implementasi moral kepemimpinan pendidikan dimulai dari diri sendiri, lingkungan terdekat dan dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan dalamprilaku kehidupan sehari-hari. Internalisasi moral dalam kepemimpinan pendidikan didukung oleh pengetahuan, konsep diri, dan hati nurani.Pengelolaan pendidikan akhlak dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kecerdasan, motivasi internal, dan kecenderungan diri sendiri. Faktor eksternal adalah semua faktor yang berasal dari luar individu.

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Lestari, S. ., Saefurridjal, A. ., Gustami, B. A. ., & Gumelar, N. D. Y. . (2023). Moralitas Kepala Sekolah Dalam Progresifitas Lembaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5427–5434. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11897