Inovasi Dan Kreativitas Siswa SMK Kampus Mengikuti Praktik Kerja Industri

Authors

  • Retno Desti Dwi Meilasari Universitas Aufa Royhan
  • Olivia Feby Mon Harahap Universitas Aufa Royhan
  • Khairunnisa Butar -Butar Universitas Aufa Royhan
  • Nurlaila Nurlaila Universitas Aufa Royhan
  • Maysaroh Maysaroh Universitas Aufa Royhan
  • Fadilah Fadilah Universitas Aufa Royhan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.11882

Abstract

Industri kreatif termasuk didalamnya adalah jasa kreatif, merupakan pilar utama dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang memberikan dampak positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Berazaskan 4 dasar pengukuran ekonomi kreatif, yaitu berbasis nilai produk domestik bruto, berbasis ketenagakerjaan, berbasis kepada aktivitas perusahaan, dan dampak terhadap sektor-sektor lain. Program magang atau latihan kerja atau di SMK disebut PKL Industri/ Praktek Kerja Lapangan Industri / Praktek Industri di Perguruan Tinggi yang terprogram dengan baik, akan mampu memberikan kontribusi terhadap perkembangan jiwa wirausaha. Proses pembelajaran bersinergi antara pengembangan hardskill dan softskill didunia industri inilah merupakan embrio pembentukan jiwa entrepreneurship bagi seseorang dimasa mendatang. Berdasarkan penelitian terhadap 200 lebih siswa SMK Jurusan Tatabusana, diperoleh gambaran bahwa faktor yang paling berpengaruh terbesar dalam kesiapan siswa sebagai wirausaha adalah kegiatan magang/ PKL Industri. Magang kerja sebagai aktifitas mendekatkan dunia sekolah dengan industri jasa, agar kedua institusi ini dapat link and match. Magang dapat dilaksanakan secara terprogram sesuai tuntutan kurikulum, namun dapat pula dikembangkan dalam program-program yang sifatnya hidden curriculum. Mendidik jiwa wirausaha bukan hal yang mudah bagi lembaga pendidikan, karena manusia merupakan individu yang unik, namun demikian harus selalu diupayakan agar siswa SMK yang dipersiapkan sebagai tenaga kerja kelas menengah ini lebih siap bersaing didunia kerja.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Meilasari, . R. D. D. ., Harahap, . O. F. M., -Butar, . K. B., Nurlaila, N., Maysaroh , M. ., & Fadilah, . F. (2022). Inovasi Dan Kreativitas Siswa SMK Kampus Mengikuti Praktik Kerja Industri . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 253–259. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.11882

Issue

Section

Articles