Inovasi Dan Kreativitas Siswa SMK Kampus Mengikuti Praktik Kerja Industri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.11882Abstract
Industri kreatif termasuk didalamnya adalah jasa kreatif, merupakan pilar utama dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang memberikan dampak positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Berazaskan 4 dasar pengukuran ekonomi kreatif, yaitu berbasis nilai produk domestik bruto, berbasis ketenagakerjaan, berbasis kepada aktivitas perusahaan, dan dampak terhadap sektor-sektor lain. Program magang atau latihan kerja atau di SMK disebut PKL Industri/ Praktek Kerja Lapangan Industri / Praktek Industri di Perguruan Tinggi yang terprogram dengan baik, akan mampu memberikan kontribusi terhadap perkembangan jiwa wirausaha. Proses pembelajaran bersinergi antara pengembangan hardskill dan softskill didunia industri inilah merupakan embrio pembentukan jiwa entrepreneurship bagi seseorang dimasa mendatang. Berdasarkan penelitian terhadap 200 lebih siswa SMK Jurusan Tatabusana, diperoleh gambaran bahwa faktor yang paling berpengaruh terbesar dalam kesiapan siswa sebagai wirausaha adalah kegiatan magang/ PKL Industri. Magang kerja sebagai aktifitas mendekatkan dunia sekolah dengan industri jasa, agar kedua institusi ini dapat link and match. Magang dapat dilaksanakan secara terprogram sesuai tuntutan kurikulum, namun dapat pula dikembangkan dalam program-program yang sifatnya hidden curriculum. Mendidik jiwa wirausaha bukan hal yang mudah bagi lembaga pendidikan, karena manusia merupakan individu yang unik, namun demikian harus selalu diupayakan agar siswa SMK yang dipersiapkan sebagai tenaga kerja kelas menengah ini lebih siap bersaing didunia kerja.Downloads
Published
2022-08-31
How to Cite
Meilasari, . R. D. D. ., Harahap, . O. F. M., -Butar, . K. B., Nurlaila, N., Maysaroh , M. ., & Fadilah, . F. (2022). Inovasi Dan Kreativitas Siswa SMK Kampus Mengikuti Praktik Kerja Industri . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 253–259. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.11882
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2020 Retno Desti Dwi Meilasari, Olivia Feby Mon Harahap , Khairunnisa Butar-Butar, Nurlaila, Maysaroh , Fadilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).