Eksplorasi Pengembangan Karir Sarjana dan Implikasinya Terhadap Konseling Karir di Nagari Cubadak Kec. Lima Kaum Kab. Tanah Datar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5259Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemahaman sarjana terhadap eksplorasi pengembangan karir di Nagari Cubadak Kec. Lima Kaum Kab. Tanah Datar dan implikasinya terhadap konseling karir. Tujuan penelitian adalah untuk mengatahui bagaimana pemahaman sarjana terhadap karirnya, faktor penyebab banyaknya sarjana yang memilih bekerja tidak sesuai dengan jurusan, penyesuaian diri sarjana terhadap lingkungan kerja, kekuatan/ kelemahan dalam berkarir, upaya para sarjana untuk mengembangkan karir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Subjek penelitian ini adalah 15 sarjana. Teknis analisis data adalah reduksi data, editing data, deskripsi data dan menyajikan data. Teknik penjamin keabsahan data ini adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik. Hasil penelitian tentang eksplorasi pengembangan karir sarjana dan implikasinya terhadap konseling karir diperoleh data bahwa ada 11 (sebelas) sarjana yang paham tentang perkembangan karirnya karena mereka mengikuti les dalam bidangnya, hobbynya dan mereka mengikuti training serta pelatihan-pelatihan yang diadakan diluar kantor, namun ada 4 (empat) sarjana yang tidak paham tentang perkembangan karirnya pada umumnya mereka bekerja tidak sesuai dengan kemampuan karir yang mereka miliki, dan memiliki alasan karena tidak sesuai dengan jurusan saat kuliah. Faktor penyebab banyaknya sarjana yang memilih bekerja tidak sesuai dengan jurusan karena tuntutan keadaan karena sudah sangat membutuhkan pemasukan, ketersediaan lapangan kerja yang sesuai jurusan masih terlalu sedikit, kantor yang membuka lowongan tanpa melihat latar jurusan.Downloads
Published
2022-07-07
How to Cite
Salamah, Y. ., Ardimen, A., & Nurlaila, N. (2022). Eksplorasi Pengembangan Karir Sarjana dan Implikasinya Terhadap Konseling Karir di Nagari Cubadak Kec. Lima Kaum Kab. Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 568–576. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5259
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yusmi Salama, Ardimen Ardimen, Nurlela Nurlela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).