Strategi Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11879Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi inovassi berdasarkan tinjauan teoretis. Strategi inovasi kurikulum berarti bahwa dalam perubahan atau pembaharuan kurikulum perlu dilakukan dengan berbagai cara dan upaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan content analysis, dimulai dari tahapan display data, reduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teoretis strategi inovasi kuruikulum terbagi ke dalam 4 macam, yaitu pertama, strategi fasiliatif dilakukan apabila kurikulum memerlukan pengadaan fasiiltas. Kedua, strategi edukatif dilakukan apabila klien atau guru perlu diberikan informasi dan perlu diberikan pelatihan. Ketiga, strategi persuasif dilakukan dengan cara pendekatan persuasif (bujukan). Keempat, strategi paksaan dilakukan agar semua komponen pendidikan mau melakukan perubahan dan pembaharuan agar tujuan pendidikan tercapai.Downloads
Published
2023-01-25
How to Cite
Septemiarti, I. ., Amril, A., & Bakar, A. . (2023). Strategi Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5382–5387. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11879
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Isnaini Septemiarti, Amril, Abu Bakar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









