Analisis Kebijakan Pendidikan Islam di Brunei

Authors

  • Isnaini Septemiarti STAI Nurul Hidayah
  • Hairunnas Hairunnas UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11786

Abstract

Tulisan ini bertujuan menggambarkan kebijakan pendidikan Islam di Brunei. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan kajian dokumen. Adapun hasil analisis Pendidikan di Brunei Darussalam didasarkan pada falsafah Melayu Islam Beraja, yang menggambarkan tentang keteguhan mereka megang adat dan kultur Melayu, begitu juga ketaatan dan kepatuhan kepada ajaran Islam serta ketaatan kepada Raja. Keseluruhan sikap hidup beragama tersebut berimplikasi pada dunia pendidikan. Lembaga pendidikan Di Brunei melakukan pengintegrasian ilmu pengetahuan agama dan sains, sehingga para peserta didik memahami prinsip-prinsip agama dengan baik dan menguasai sains. Dengan demikian pendidikan di Negara Brunei Darussalam bersifat holistik. Dan ini perlu menjadi contoh bagi Negara Indonesia dalam pelaksanaan pendidikannya perlu untuk lebih memperkuat nilai-nilai ajaran agama disamping pengetahuan sains dan lainnya.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Septemiarti, I. ., & Hairunnas, H. (2023). Analisis Kebijakan Pendidikan Islam di Brunei. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4967–4973. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11786