Pengaruh Permainan Edukatif Track Ball Terhadap Perkembangan Kognitif Anak di KB Al-Lifah (di KB Kelompok B Usia 5-6 Tahun Al-Lifah Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin III)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11788Abstract
Penilitian ini berjudul “Pengaruh permainan edukatif track ball” terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di KB Al-lifah Desa Sedang”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental Design One Group Pre-test Post-test (satu kelas). Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok B1 yang ada di KB Al-lifah Desa Sedang yang berjumlah 10 anak yaitu 5 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling atau anak di panggil satu per satu maju ke depan kelas untuk memainkan permainan track ball. Adapun cara pengumpulan data menggunakan tes observasi serta dokumentasi dengan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dan pembahasan rata-rata nilai pre-test yang tidak menggunakan treatment sebesar 51 sedangkan rata-rata nilai post-test dengan menggunakan media menjahit jelujur, puzzel geometrik atau treatment sebesar 79 terlihat ada pengaruh saat belum menggunakan media dan setelah menggunakan media track ball. Perolehan tersebut diperkuat berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-T diperoleh sebesar 16,667 dengan taraf signifikan 5% sehingga di dapat 2,262. Karena =16.667 > =2,262. Maka kesimpulannyaa hipotesis nol (Ho) di tolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada pengaruh permainan edukatif track ball terhadap kemampuan kognitif anak di KB Al-lifah Desa Sedang.Downloads
Published
2023-01-20
How to Cite
Sari, A. W. ., Imron, K. ., & Dewi, K. . (2023). Pengaruh Permainan Edukatif Track Ball Terhadap Perkembangan Kognitif Anak di KB Al-Lifah (di KB Kelompok B Usia 5-6 Tahun Al-Lifah Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin III). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4981–4991. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11788
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Alfira Widya Sari, Kristina Imron, Kurnia Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).