Pengaruh Permainan Edukatif Track Ball Terhadap Perkembangan Kognitif Anak di KB Al-Lifah (di KB Kelompok B Usia 5-6 Tahun Al-Lifah Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin III)

Authors

  • Alfira Widya Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kristina Imron Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kurnia Dewi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11788

Abstract

Penilitian ini berjudul “Pengaruh permainan edukatif track ball” terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di KB Al-lifah Desa Sedang”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental Design One Group Pre-test Post-test (satu kelas). Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok B1 yang ada di KB Al-lifah Desa Sedang yang berjumlah 10 anak yaitu 5 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling atau anak di panggil satu per satu maju ke depan kelas untuk memainkan permainan track ball. Adapun cara pengumpulan data menggunakan tes observasi serta dokumentasi dengan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dan pembahasan rata-rata nilai pre-test yang tidak menggunakan treatment sebesar 51 sedangkan rata-rata nilai post-test dengan menggunakan media menjahit jelujur, puzzel geometrik atau treatment sebesar 79 terlihat ada pengaruh saat belum menggunakan media dan setelah menggunakan media track ball. Perolehan tersebut diperkuat berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-T diperoleh  sebesar 16,667 dengan taraf signifikan 5% sehingga di dapat  2,262. Karena =16.667 > =2,262. Maka kesimpulannyaa hipotesis nol (Ho) di tolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada pengaruh permainan edukatif track ball terhadap kemampuan kognitif anak di KB Al-lifah Desa Sedang.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Sari, A. W. ., Imron, K. ., & Dewi, K. . (2023). Pengaruh Permainan Edukatif Track Ball Terhadap Perkembangan Kognitif Anak di KB Al-Lifah (di KB Kelompok B Usia 5-6 Tahun Al-Lifah Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin III). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4981–4991. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11788

Most read articles by the same author(s)