Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Anwar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11600Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di yayasan pendidikan islam Al-Anwar. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah mengkaji bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah; (1) Peran kepala sekolah sebagaipemimpin dalam meningkatkan mutu pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Anwar adalah memantau, yakni menjadi perantara guru dengan siswa, memotivasi, membuat inovasi, penghubung dengan pihak luar, membimbing siswa secara berkelanjutan, membuat keputusan, derta membina dan meningkatkan kemampuan guru; (2) Peran kepala sekolah sebagai manager dalam meningkakan mutu pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Anwar adalah mengelola dengan melakukan perencanaan, penggorganisasian, penggerakan, serta evaluasi. Dalam meningkatkan mutu pendidikan, terdapat faktor pendukung yakni dukungan dari yayasan serta banyaknya relasi. Selain faktor pendukung terdapat faktor penghambat yakni berbenturan dengan sistem pemerintahan, kebijakan sertifikasi, sering terjadinya pergantian guru, kurangnya kesadaran warga sekolah, sulitnya penerapan digital learning, serta seringnya terjadi kendala mengenai dana. (3) Peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkakan mutu pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Anwar adalah berkerjasama dengan wakil kepala sekolah dalam melakukan administrasi disekolah.Downloads
Published
2023-01-15
How to Cite
Siahaan, A. ., Fitri, . A. ., Harahap, F. A. ., Hidayatullah, T. Y. ., & Akmalia, R. . (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Anwar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3689–3695. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11600
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Amiruddin Siahaan, Adelia Fitri, Fitra Amalia Harahap, Togu Yunus Hidayatullah, Rizki Akmalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).