Efektifitas Sport Education Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sepak Bola Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Authors

  • Abdul Fattah Hanif Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ega Trisna Rahayu Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11560

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Babakancikao terhadap sepak bola. Salah satu permasalahan observasi sekolah adalah guru PJOK belum mengetahui materi sepak bola dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data pretest dan posttest berupa kuesioner. Populasi penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Babakancikao yang terdiri dari satu kelas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dijabarkan dalam bentuk persentase. Hasil survei minat belajar siswa kelas VII dalam mengikuti kelas sepak bola dalam model sport education model di SMP Negeri 3 Babakancikao menunjukkan bahwa 12 siswa (65%) sangat tertarik, bahkan 6 siswa (25%) tertarik. Minat, sebanyak 4 siswa (8,25%) cukup tertarik, sebanyak 3 siswa (1,75%) kurang tertarik. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, disarankan agar guru lebih memahami kurikulum merdeka untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan minat siswa untuk terlibat dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Hanif, A. F. ., & Rahayu, E. T. . (2023). Efektifitas Sport Education Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sepak Bola Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4330–4334. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11560