Pengaruh Media Pohon Baca Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun di PAUD Ananda Kec. Tebing Tinggi Kab. Empat Lawang

Authors

  • Selvi Okta Sherrina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Amilda Amilda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Izza Fitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Febriyanti Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11533

Abstract

Rendahnya kemampuan kogintif anak mengenal nama, ciri dan bentuk di media pohon baca menjadi satu tujuan peneliti mengangkat penelitian yang berjudul “Pengaruh Media Pohon Baca Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Ananda Tebing Tinggi”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari Media Pohon Baca Terhadap Kemampuan Kognitif Anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan tes. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan test awal (pretest) dan test akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis semua hasil penelitian, dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara media pohon baca dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak , diperoleh t-hitung = 8,474 sedangkan t-tabel = 2,131, karena t-hitung > t-tabel  (8,474 > 2,131). Maka dapat disimpulkan Ho ditolak maka Ha diterima, diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pohon baca terhadap kemampuan kognitif anak usia dini usia 5-6 tahun di Paud Ananda Tebing Tinggi.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Sherrina, S. O. ., Amilda, A., Fitri, I. ., & Febriyanti, F. (2023). Pengaruh Media Pohon Baca Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun di PAUD Ananda Kec. Tebing Tinggi Kab. Empat Lawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3322–3333. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11533

Most read articles by the same author(s)