Analisis Kebijakan Pendidikan dalam Peningkatan Profesi Guru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11518Abstract
Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam menjalankan fungsi dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Peran guru sangatla jelas dan tidak bisa digantikan oleh yang lain, apalagi di dalam masyarakat yang multikultural dan multidimensional. Maka dari itu, pembinaan dan peningkatan profesi guru harus selalu menjadi prioritas utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan dalam meningkatkan profesi guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriftif studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya kebijakan pendidikan dalam meningkatan profesi guru, posisi guru semakin dinaungi oleh sumber hukum serta dengan adanya Pendidikan Profesi Guru, guru menjadi lebih memiliki kedudukan dan profesionalitas sebagai guru.Downloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Hasibuan, A. ., Puspita, D. A. ., Sabila, K. ., Iqbal, M. ., & Nuraini, T. . (2023). Analisis Kebijakan Pendidikan dalam Peningkatan Profesi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3289–3294. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11518
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Asmaria Hasibuan, Dea Ayu Puspita, Kokoh Sabila, Muhammad Iqbal, Titi Nuraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).