Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMK Negeri 1 Perbaungan

Authors

  • Ika Sandra Dewi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nadia Patoluna Dalimunthe Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nursakbaniah Nursakbaniah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11442

Abstract

Peningkatan motivasi belajar siswa sangat diperlikan dalam proses pembelajaran siswa di sekolah. Dengan adanya motivasi belajar yang tinggi di kelas XI melalui layanan bimbingan kelompok di SMK Negeri 1 Perbaungan siswa akan memperoleh hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Perbaungan  semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan peningkatan rata-rata perolehan skor dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa adalah 10 orang. Dari hasil pelaksanaan penelitian 2 siklus menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan media video klip ini dapat meningkatkan motivasi belajar dari pra-siklus sebesar 71,35 meningkat menjadi 78,90 pada siklus I dan pada siklus 2 mengalami peningkatan skor menjadi 86,5. Selain Selain itu dari hasil penelitian didapatkan kondisi aktivitas siswa dalam layanan bimbingan kelompok dari kondisi awal sebesar 70,02% meningkat menjadi 80,40 pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,6%. Berdasarkan hasil tersebut maka tujuan penelitian sudah dapat tercapai.

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Dewi, I. S. ., Dalimunthe, N. P. ., & Nursakbaniah , N. . (2023). Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMK Negeri 1 Perbaungan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5077–5081. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11442

Most read articles by the same author(s)