Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMK Negeri 1 Perbaungan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11442Abstract
Peningkatan motivasi belajar siswa sangat diperlikan dalam proses pembelajaran siswa di sekolah. Dengan adanya motivasi belajar yang tinggi di kelas XI melalui layanan bimbingan kelompok di SMK Negeri 1 Perbaungan siswa akan memperoleh hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Perbaungan semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan peningkatan rata-rata perolehan skor dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa adalah 10 orang. Dari hasil pelaksanaan penelitian 2 siklus menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan media video klip ini dapat meningkatkan motivasi belajar dari pra-siklus sebesar 71,35 meningkat menjadi 78,90 pada siklus I dan pada siklus 2 mengalami peningkatan skor menjadi 86,5. Selain Selain itu dari hasil penelitian didapatkan kondisi aktivitas siswa dalam layanan bimbingan kelompok dari kondisi awal sebesar 70,02% meningkat menjadi 80,40 pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,6%. Berdasarkan hasil tersebut maka tujuan penelitian sudah dapat tercapai.Downloads
Published
2023-01-21
How to Cite
Dewi, I. S. ., Dalimunthe, N. P. ., & Nursakbaniah , N. . (2023). Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMK Negeri 1 Perbaungan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5077–5081. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11442
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ika Sandra Dewi, Nadia Patoluna Dalimunthe, Nursakbaniah Nursakbaniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).