Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam

Authors

  • Hengki Saputra Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Andika Triharnedy Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Demina Demina Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Zulmuqim Zulmuqim Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11403

Abstract

Studi ini memiliki tujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan implementasi kurikulum pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam. Dalam penulisan artikel ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research, metode ini dikenal dengan penelitian kepustakaan karena dalam penelitian semua bahannya diperoleh dari sumber-sumber pustaka, seperti buku, jurnal, skripsi, tesis, dan lainnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis konten yang berarti menganalisis data dari dokumen yang ada seperti naskah, siaran radio, televisi, dan lainnya.Hasil studi menunjukkan bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan, maka lembaga pendidikan harus memperhatikan semua komponen yang akan mempengaruhi  pendidikan tersebut, komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut: peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, pengelolaan sekolah, atau lembaga pendidikan, pengelolaan proses pembelajaran, pengelolaan dana, serta evaluasi dari pendidik. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memegang peran sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan,  karena itu  kurikulum yang dikembangkan oleh lembaga pendidikan harus memiliki kualitas yang baik, terlebih jika kurikulum tersebut berkaitan dengan agama Islam, maka kurikulum tersebut harus dipersiapkan dengan semaksimal mungkin agar dapat terimplementasi dengan baik.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Saputra, H. ., Triharnedy, A. ., Demina, D., & Zulmuqim, Z. (2023). Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3487–3491. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11403