Evaluasi Program Pendidikan Karakter di SMA Negeri 1 Pangkalan Koto Baru

Authors

  • Anisa Rahma Nada SLB Etnik Kreatif Nusantara, Surau Pinang, Ampang Gadang, Ampek Angkek, Agam
  • Dina Ratna Sari UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Anton Anton SMA Negeri 1 Pangkalan Koto Baru, Lima Pulluh Kota
  • Zulmuqim Zulmuqim UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Demina Demina UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10003

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi ketercapaian program pendidikan karakter pada SMA Negeri 1 Pangkalan Koto Baru, (2) penelitian ini memberikan rekomendasi baik guru, sekolah, maupun pemerintah untuk perbaikan program pendidikan karakter. Jenis penelitian adalah evaluasi program (evaluasi formatif) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Koto  Baru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) kesiapan SMA Negeri 1 Pngkalan Koto Baru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter baik, dinilai dari kurikulum yang telah terintegrasi pendidikan karakter, namun masih kurang dalam hal pengelolaan sarana prasarana pendukung dan banyak guru memerlukan lebih banyak pengetahuan dan keterampilan tentang pendidikan karakter; (2) implementasi pendidikan karakter belum tampak pada kegiatan pembelajaran; (3) dukungan dari pemerintah dalam sosialisasi atau pelatihan dirasa masih kurang oleh sekolah; (4) monitoring dan evaluasi pendidikan karakter masih terbatas pada kurikulum dan dilakukan melalui pembinaan pengawas di setiap sekolah; dan (5) kendala yang umum dihadapi sekolah adalah penilaian sikap siswa yang belum terdokumentasi, kurangnya pemahaman guru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter, dan tidak adanya sinergi antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di rumah.

Downloads

Published

2022-12-10

How to Cite

Nada, A. R. ., Sari, D. R. ., Anton, A., Zulmuqim, Z., & Demina, D. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di SMA Negeri 1 Pangkalan Koto Baru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10146–10156. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10003