Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Gurindam 12 Raja Ali Haji
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11330Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin merosotnya nilai-nilai atau kepribadian siswa sebagai pembelajar. Kemerosotan ini disebabkan oleh berbagai hal yang terjadi saat ini. Factor lingkungan, pergaulan baik di rumah ataupun di luar rumah. Kurang terawasinya siswa dirumah ataupun disekolah menyebabkan mereka jauh dari nilai-nilai kebaikan. Salah satu usaha agar siswa mampu menjadi manusia dewasa yang artinya mampu berlaku atau bertindak sesuai dengan aturan-aturan yang sesuai dengan norma-norma baik, maka guru sebagai pendidik harus mampu membimbing dan mendidik mereka dengan cara menanamkan nilai-nilai tersebut dalam proses pembelajaran. Gurindam 12 Raja Ali Haji merupakan media atau sarana dalam pembelajaran untuk pembentukan karakter bagi siswa. Teori penelitian adalah teori analisis teks. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Analisis sangat dibutuhkan untuk menganalisa dan mengamati sesuatu yang tentunya bertujuan untuk mendapatkan hasil akhir dari pengamatan yang sudah dilakukan. Rumusan masalah yaitu apakah analisis teks gurindam 12 Raja Ali Haji dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam usaha pembentukan karakter siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yakni deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi. Sumber data adalah teks gurindam 12 Raja Ali Haji pasal 1. Teknik analisis data yaitu identifikasi, analisis deskripsi, pembahasan dan penyimpulan. Hasil penelitian berisi pemaknaan teks gurindam dan implementasinya dalam kehidupan nyata.Downloads
Published
2023-01-10
How to Cite
Nurmiyanti, N., Faizah, H. ., & Auzar, A. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Gurindam 12 Raja Ali Haji. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2373–2379. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11330
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nurmiyanti, Hasnah Faizah, Auzar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).