Pengembangan Profesionalisme Tenaga Kependidikan dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan Islam

Authors

  • Akbar Rafsanjani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Amelia Amelia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Fitra Amalia Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nur Dahyanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Mulia Ardiansah Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sylvi Marsella Diastami Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11311

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam pengembangan profesionalisme tenaga kependidikan dalam mewujudkan kualitas pendidikan islam. pendidikan yang bermutu sebagai langkah mengembangkan mutu pendidikan dengan menyesuaikan tujuan pendidikan. Melalui pendidikan yang bermutu akan dihasilkan manusia manusia inovatif yang dibutuhkan dalam proses pembangunan. Salah satu kontribusi terwujudnya pendidikan yang bermutu adalah guru yang profesional. Pemerintah telah melakukan upaya peningkatan profesionalisme guru peningkatan kualifikasi dan persyaratan jenjang pendidikan jenjang yang lebih tinggi bagi tenaga pengajar dari tingkat sekolah sampai perguruan tinggi. Upaya lain yang dilakukan oleh pemerintah adalah program Sertifikasi dan Notifikasi PKG (Pusat Kegiatan Guru, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), dan KKG (Kelompok Kerja Guru).Guru profesional harus memiliki 4 kompetensi, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial kompetensi, dan kompetensi profesional, serta yang penting dan perlu dilakukan oleh pemerintah adalah membangun kemandirian di kalangan guru.Kemandirian ini akan menumbuhkan sikap profesional dan inovatif terhadap guru dalam menjalankan perannya dan tugasnya mendidik masyarakat menuju kehidupan dan kualitas yang lebih baik.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Rafsanjani, . A. ., Amelia, A., Harahap, F. A. ., Dahyanti, N. ., Harahap, M. A. ., & Diastami, . S. M. . (2023). Pengembangan Profesionalisme Tenaga Kependidikan dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2296–2305. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11311