Hubungan Pola Asuh Orang Tua di Rumah Bentuk Authoritative Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Pada Diri Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ni Putu Melly Antari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11281

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya ada beberapa siswa yang nilai karakter disiplinnya rendah terutama pada disiplin belajar. Pada masalah ini lingkungan keluarga khususnya orang tua yang menjadi peranan penting dalam membantu pembentukan karakter disiplin belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua di rumah bentuk authoritative terhadap pembentukan karakter disiplin belajar pada diri siswa kelas V SD. Penelitian ini digolongkan kedalam rancangan penelitian (ex post facto). Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana. Namun sebelum itu dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode non tes berupa kuesioner. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan pola asuh orang tua di rumah bentuk authoritative terhadap pembentukan karakter disiplin belajar pada diri siswa kelas V di SD Gugus 1 Kelurahan Gianyar, dimana F hitung = 128,15 > F tabel = 3,90 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian tersebut membuktikan bahwa disiplin belajar yang tinggi akan terbentuk apabila orang tua di rumah menerapkan pola asuh bentuk authoritative.

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Antari, N. P. M. ., & Wulandari, I. G. A. A. . (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua di Rumah Bentuk Authoritative Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Pada Diri Siswa Kelas V SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2469–2475. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11281