Hubungan Pola Asuh Orang Tua di Rumah Bentuk Authoritative Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Pada Diri Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11281Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya ada beberapa siswa yang nilai karakter disiplinnya rendah terutama pada disiplin belajar. Pada masalah ini lingkungan keluarga khususnya orang tua yang menjadi peranan penting dalam membantu pembentukan karakter disiplin belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua di rumah bentuk authoritative terhadap pembentukan karakter disiplin belajar pada diri siswa kelas V SD. Penelitian ini digolongkan kedalam rancangan penelitian (ex post facto). Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan analisis regresi linear sederhana. Namun sebelum itu dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode non tes berupa kuesioner. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan pola asuh orang tua di rumah bentuk authoritative terhadap pembentukan karakter disiplin belajar pada diri siswa kelas V di SD Gugus 1 Kelurahan Gianyar, dimana F hitung = 128,15 > F tabel = 3,90 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian tersebut membuktikan bahwa disiplin belajar yang tinggi akan terbentuk apabila orang tua di rumah menerapkan pola asuh bentuk authoritative.Downloads
Published
2023-01-11
How to Cite
Antari, N. P. M. ., & Wulandari, I. G. A. A. . (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua di Rumah Bentuk Authoritative Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Pada Diri Siswa Kelas V SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2469–2475. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11281
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ni Putu Melly Antari, I Gusti Agung Ayu Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).