Efektifitas Personalized System For Intruction Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pencak Silat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Alwi Sihab Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ega Trisna Rahayu Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11181

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cabangbungin terhadap pencak silat. Salah satu permasalahan observasi sekolah adalah guru PJOK belum mengetahui materi pencak silat dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi penelitian ini berjumlah 80 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cabangbungin yang terdiri dari  dua kelas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dijabarkan dalam bentuk persentase. Hasil survei motivasi siswa kelas XI dalam mengikuti kelas pencak silat dalam model personalized system for instruction model di SMA Negeri 1 Cabangbungin menunjukkan bahwa 36 siswa (45%) sangat tertarik, bahkan 12 siswa (15%) sangat tertarik. . Minat, sebanyak 20 siswa (25%) tertarik, sebanyak 5 siswa (6,25%) kurang tertarik dan 7 siswa (8,75%) kurang tertarik. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, disarankan agar guru lebih memahami kurikulum merdeka untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa untuk terlibat dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Sihab, A. ., & Rahayu, E. T. . (2023). Efektifitas Personalized System For Intruction Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pencak Silat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1614–1617. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11181