Inovasi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Sistem Belajar Daring

Authors

  • Sinta Novita Sari UINFAS Bengkulu
  • Santi Mulya UINFAS Bengkulu
  • Al fauzan Amin UINFAS Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11174

Abstract

Tujuan dibalik penelitian ini adalah untuk mengetahui kemajuan pembelajaran selama pandemi Covid -19 hingga pasca Covid- 19. Teknik dalam penelitian ini memanfaatkan strategi ujian tulis (library research) dengan mengambil contoh dari pelajaran di masa pandemi virus corona. Pengumpulan data berasal dari artikel buku harian logis, berita dari pemerintah daerah, hasil penelitian dari teori dan buku. Hasil penelitian Pembelajaran daring ini memunculkan inovasi baru bagi dunia pendidikan, sehingga para guru mengetahui bahwa pembelajaran bisa dilakukan walaupun jarak jauh dengan bantuan teknologi modern. Akan tetapi pembelajaran daring memiliki beberapa kendala dalam proses belajar seperti materi pembelajaran yang berbasis pratikum (whudu, solat, zikir), materi tersebut tidak efektif jika dilakukan dengan secara daring (online) sehingga perlu pengulangan ketika pembelajaran dilakukan secra tatap muka (New Normal) selain itu kendala lain seperti anak yang tidak mempunyai handphone maka dia tidak bisa mengikuti pembelajaran sehingga guru setiap sekali seminggu mengunjungi rumah peserta didik. Pembelajaran pada masa pasca covid-19 belum bisa dikatakan kembali pulih dari masa pandemi, siswa yang kebiasaan belajar menggunakan teknologi seperti handphone. Saat itulah inovasi-inovasi guru dalam pembelajaran digunakan agar siswa kembali normal belajar seperti sebelum pandemic.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Sari, S. N. ., Mulya, S. ., & Amin, A. fauzan . (2023). Inovasi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Sistem Belajar Daring . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1580–1586. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11174