Implementasi Perencanaan (Planning) Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus SDIT Ma’had Muhammad Saman Sunggal

Authors

  • Amini Amini Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Nuraini Nuraini Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Arnisa Naddya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Abdu Mizar Ridho Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Susanti Susanti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Nur Aisah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11167

Abstract

Perencanaan (planning) adalah suatu proses perumusan kebijakan dan instrumen sekaligus teknik penentuan prioritas, juga merupakan bagian integral pembangunan nasional suatu negara serta penghubung antara harapan orang tua, masyarakat, peserta didik dan negara dalam upaya mencapai tujuan maupun fungsi pendidikan. Perencanaan harus memiliki tujuan untuk memahami; konsep, paradigma, strategi dan langkah-langkah perencanaan pendidikan Islam. Adapun hasil yang diharapkan dalam perencanaan ini adalah dapat merumusan tujuan yang ingin dicapai dan terkendali dijalankan secara efektif dan efisien. Pemilihan program yang tepat, untuk mencapai tujuan dan identifikasi serta pengerahan sumber yang jumlahnya selalu terbatas. Strategi yang disiapkan dalam perencanaan meliputi manajemen kurikulum, sumber daya manusia, peserta didik, pengelolaan, pembiayaan, perlengkapan sekolah. Strategi dalam perencanaan pengembangan lembaga Islam dikategorikan menjadi dua yaitu berdasarkan perencanaan operasional dan berdasarkan perencanaan jangka waktunya

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Amini, A., Nuraini, N., Naddya, A. ., Ridho, A. M., Susanti, S., & Aisah, N. . (2023). Implementasi Perencanaan (Planning) Manajemen dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus SDIT Ma’had Muhammad Saman Sunggal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1546–1553. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11167