Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Menggunakan Media Papan Pecahan Bagi Siswa Kelas IV C SDN Mekarjaya 13 Depok

Authors

  • Gabriel Rafatu Dewanti Universitas Trilogi
  • Winda Amelia Universitas Trilogi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11148

Abstract

Pemahaman konsep matematis adalah suatu kemampuan kognitif siswa dalam memahami materi-materi matematis yang terangkum dalam mengemukakan gagasan, mengolah informasi, dan menjelaskan dengan kata-kata sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media papan pecahan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas IV C di SDN Mekarjaya 13 Depok. Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain classroom action research atau penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian adalah penggunaan media papan pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini diketahui dari hasil tes tertulis pada siklus I sebesar 66,6% meningkat 14,3% menjadi 80,9% pada siklus II. Dan jumlah siswa yang tuntas KKM sudah lebih dari 75% sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu sebesar 80,9% atau sebanyak 17 siswa dari 21 siswa yang tuntas KKM.

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Dewanti, G. R. ., & Amelia, W. . (2023). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Menggunakan Media Papan Pecahan Bagi Siswa Kelas IV C SDN Mekarjaya 13 Depok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1256–1266. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11148