Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Misbahut Tholibin Desa Jorongan Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10927Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa Kelas IV, V dan VI Madrasah Ibtidaiyah Misbahut Tholibin Desa Jorongan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Lokasi dari penelitian ini adalah di Madrasah Ibtidaiyah Misbahut Tholibin Desa Jorongan Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kelas IV, V dan VI yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket, observasi dan wawancara, dimana angket yang berisi 30 item pertanyaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara variabel X (Game Online) terhadap variabel Y (Motivasi Belajar) di Madrasah Ibtidaiyah Misbahut Tholibin, dengan nilai t hitung sebesar 15,134 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Ini artinya Game Online Sebagai variabel X berpengaruh terhadap Motivasi Belajar sebagai variabel Y. Dengan nilai analisis korelasi (R) yaitu sebesar 0,429. Besarnya nilai koefisien determinasi (R square) pada penelitian ini adalah sebesar 0,184. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel X (Game Online) terhadap variabel Y (Motivasi Belajar) yaitu sebesar 18,4 % sementara faktor lain yang mempengaruhi sisanya adalah sebesar 81,6 %.Downloads
Published
2023-01-05
How to Cite
Fahimatun Nadiyah, Khosiah, N., & Muhammad, D. H. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Misbahut Tholibin Desa Jorongan Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 871–882. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10927
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fahimatun Nadiyah, Nur Khosiah, Devy Habibi Muhammad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).