Strategi Pembiasaan Bahasa Indonesia Dengan Pendekatan Konstektual Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10399Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pembiasaan bahasa indonesia dengan pendekatan konstektual di madrasah ibtidaiyah nurul ulum probolinggo. Di Madrasah Ibitidaiyah Nurul Ulum desa kerpangan selatan kecamatan leces kabupaten probolinggo masih sulit menerapkannya karena terbiasanya dan nyaman peserta didik berkomunikasi dengan bahasa daerah kesehariannya (bahasa madura), kurang nya perhatian dan dukungan dari orang-orang terdekat mereka akan pentingnya bahasa Indonesia yang menjadi satu-satunya alat komunikasi pemersatu bangsa Indonesia, terkadang peserta didik mau berbicara bahasa indonesia, tetapi masih bercampuran bahasa Indonesia dan bahasa keseharian mereka, sehingga membuat mereka merasa takut dan malu untuk berbicara bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berupa deskriptif, dimana kejadiannya tersebut terjadi secara real ,sehingga bisa mengetahui permasalahan yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum. Hasil penelitian ini menggunakan tujuh komponen diantaranya: kontrutivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilain sebenarnya. dengan menggunakan pendekatan konstektual disini masih mengalami hambatan-hambatan seperti susahnya beradapatasi karena perbedaan bahasa antara buku ajar yang digunakan dengan bahasa keseharian peserta didik, pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengayomi peserta didik agar mau untuk pembiasaan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan sekolah, pendidik harus melakukan pendampingan secara bertahap.Downloads
Published
2022-12-19
How to Cite
Izzah, L., Fadilah, Y. ., & Muhammad, D. H. (2022). Strategi Pembiasaan Bahasa Indonesia Dengan Pendekatan Konstektual Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12218–12224. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10399
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lailatul Izzah, Yulina Fadilah, Devy Habibi Muhammad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).