Peran Guru Kelas Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa di SDN 12 Pajo Kabupaten Dompu

Authors

  • Nurlailah Nurlailah STKIP Al – Amin Dompu
  • Hen Ardiansyah STKIP Al – Amin Dompu
  • Siamah Siamah STKIP Al – Amin Dompu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10896

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap nasionalisme siswa SDN 12 Pajo Kabupaten Dompu, upaya guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di SDN 12 Pajo Kabupaten Dompu, serta kendala yang dihadapi guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di SDN 12 Pajo Kabupaten Dompu. Pendidikan karakter merupakan suatu proses pendidikan yang penting dilakukan saat ini. Salah satu karakter atau sikap yang ditanamkan dalam pendidikan pada umumnya yaitu sikap nasionalisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Peneliti merupakan instrumen dari penelitian dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan pada data diperoleh dengan mereduksi data yang tidak diperlukan, menyajikan data dan verifikasi yakni menarik kesimpulan. Dari penelitian ini peneliti mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa, siswa sudah mempunyai sikap nasionalisme : menghargai jasa pahlawan, menggunakan produk dalam negeri, menghargai keindahan alam dan budaya Indonesia, melaksanakan kegiatan bela negara, upaya yang dilakukan guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa yakni menjelasan mengenai keberagaman yang ada, menjalankan kegiatan madrasah yang berkaitan dengan penanaman sikap nasionalisme, dan memberikan contoh perilaku oleh sikap guru kelas yang mencerminkan sikap nasionalisme yang baik, dan kendala yang dihadapi guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme kepada siswa yakni terbatasnya waktu, media, kesenjangan antara lingkungan diluar madrasah dengan penerapan di madrasah.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Nurlailah, N., Ardiansyah, H. ., & Siamah, S. (2023). Peran Guru Kelas Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa di SDN 12 Pajo Kabupaten Dompu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 198–201. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10896