Peran Guru Kelas Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa di SDN 12 Pajo Kabupaten Dompu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10896Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap nasionalisme siswa SDN 12 Pajo Kabupaten Dompu, upaya guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di SDN 12 Pajo Kabupaten Dompu, serta kendala yang dihadapi guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di SDN 12 Pajo Kabupaten Dompu. Pendidikan karakter merupakan suatu proses pendidikan yang penting dilakukan saat ini. Salah satu karakter atau sikap yang ditanamkan dalam pendidikan pada umumnya yaitu sikap nasionalisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Peneliti merupakan instrumen dari penelitian dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan pada data diperoleh dengan mereduksi data yang tidak diperlukan, menyajikan data dan verifikasi yakni menarik kesimpulan. Dari penelitian ini peneliti mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa, siswa sudah mempunyai sikap nasionalisme : menghargai jasa pahlawan, menggunakan produk dalam negeri, menghargai keindahan alam dan budaya Indonesia, melaksanakan kegiatan bela negara, upaya yang dilakukan guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa yakni menjelasan mengenai keberagaman yang ada, menjalankan kegiatan madrasah yang berkaitan dengan penanaman sikap nasionalisme, dan memberikan contoh perilaku oleh sikap guru kelas yang mencerminkan sikap nasionalisme yang baik, dan kendala yang dihadapi guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme kepada siswa yakni terbatasnya waktu, media, kesenjangan antara lingkungan diluar madrasah dengan penerapan di madrasah.Downloads
Published
2023-01-03
How to Cite
Nurlailah, N., Ardiansyah, H. ., & Siamah, S. (2023). Peran Guru Kelas Dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa di SDN 12 Pajo Kabupaten Dompu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 198–201. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10896
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nurlailah,Hen Ardiansyah,Siamah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).