Strategi Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Kelas SDN 01 Pajo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14377Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Strategi Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Kelas V Di SDN 01 PAJO. DimanaStrategi dapat diartikan sebagai suatu garis besarnya untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan atau bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan sebelumnya Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif deskriptif dengan memilih kelas V sebagai sampel dan 2 informan yang dianggap memiliki pengetahuan dan informasi mengenai permasalahan yang diteliti yakni Strategi Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Kelas V Di SDN 01 PAJO. Pengumpulan data menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif berupa: Observasi dan Dokumentasi, serta wawancara secara mendalam terhadap informan. Dalam penelitian tersebut peneliti mendapatkan hasil yang cukup baik, dimana hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menjalankan Strategi untuk membangun karakter siswa, guru menjadi teladan bagi siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas walaupun dengan karakter siswa yang berbeda-beda, ada yang patuh akan kewajibannya bahkan ada pula yang tidak peduli namun dengan adanya solusi yang dilakukan oleh guru dalam membangun karakter disiplin siswa yaitu memaksimalkan kemampuan guru, meningkatkan komunikasi antar guru dengan siswa, kerja sama guru dengan orangtua atau wali murid.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Nurlailah, N., & Ardiansyah, H. . (2023). Strategi Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Kelas SDN 01 Pajo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5299–5307. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14377
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nurlailah, Hen Ardiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).